Beranda Berita Utama Amri Modeong : BUMDES menjadi Pondasi membangun kemandirian Ekonomi Desa.

Amri Modeong : BUMDES menjadi Pondasi membangun kemandirian Ekonomi Desa.

304
0

Bolmong—Dcnews.online-Sesuai dengan amanah Trisakti yang dituangkan dalam Nawacita yaitu Mandiri secara Ekonomi di aktualisasikan Pemerintahan Jokowi lewat  UU Tentang Dana Desa.Dalam rangka mensukseskan program tersebut Camat Dumoga Utara bersama Tim pelaksana pelatihan melakukan Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di empat Desa yaitu, Mopuya Utara, Mopuya Utara 1, Mopuya Selatan dan Dondomon kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow, selasa (26/9).

Dalam pelaksanaan pelatihan yang dihadiri oleh Tim pelaksana pelatihan yang diantaranya, Camat Dumoga Utara I Ketut Kolak, Kabid BPMD Danni Rorimpandei, TA-PED Suni Susanti dan Pendamping Desa Amri H. Modeong serta masyarakat dari masing-masing desa, Tim memaparkan betapa penting dan efektifnya tata kelola keuangan lewat BUMDES tersebut dalam rangka membawa masyarakat menuju masyarakat yang Madani.

“ Dari BUMDES maka masyarakat akan mendapatkan peningkatan kesejahtraan sosial,karena BUMDES merupakan Lembaga Perekonomian Masyarakat Desa yang didirikan atas dasar inisiasi dan kearifan lokal sebagai Instrumen peningkatan pendapatan desa ucap Camat Dumoga Utara I ketut Kolak. “

Sementara itu Amri H. Modeong salah satu Pendamping Desa yang juga salah satu Pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa masyarakat yang menjadi kontrol pembangunan dan juga sebagai prioritas adanya Bumdes, agar turut serta menyukseskan pengelolaan Dana Bumdes.

“ Nantinya BUMDES akan menjadi Fondasi dasar untuk membangun kemandirian Ekonomi Desa, karena kedepan kami tidak bisa memastikan apakah Dana Desa akan terus ada.

Lanjutnya jika BUMDES di kelola dengan baik,  BUMDES lah yg akan membiayai pembangunan di dalam desa itu sendiri ,Pun apabila Masyarakat dan Pemerintah dalam hal ini aparatur desa saling bersinergitas dan Koperatif untuk berpartisipasi dalam membangun kemajuan maka jelaslah akan terbangun suatu peradaban baru yang dimulai dari pinggiran desa.tutup Alumni PMII Cabang Manado ini. //Prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini