Beranda Terkini Setnov , Minta Perlindungan Hukum ke Kapolri

Setnov , Minta Perlindungan Hukum ke Kapolri

166
0

Nasional-DCnews_Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun upaya Setya Novanto untuk mendapatkan perlindungan hukum tetap dia lakukan. Pasalnya Setya Novanto adalah pejabat negara yang hari ini menjabat sebagai ketua DPR RI periode 2014-2019.Setya Novanto akan meminta perlindungan hukum terhadap Kapolri melalui tim pengacaranya.

Namun upaya Sentnov nampaknya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya,Jenderal Polisi Tito Karnavian tidak akan mengintervensi proses hukum Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai sebagai sikap yang tepat.

“Komitmen Kapolri sangat tepat,” kata Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan dalam siaran persnya, Selasa (21/11/2017).

Hal itu disampaikan Edi Hasibuan menanggapi upaya Setya yang mengajukan surat perlindungan hukum ke sejumlah pimpinan lembaga penegak hukum termasuk Kapolri.

Menurut Edi Hasibuan, sewajarnya Kapolri tidak boleh mencampuri proses hukum yang ditangani lembaga penegak hukum lain.

“Walau banyak perwira Polri bertugas saat ini di KPK,” ujar mantan anggota Kompolnas ini.

Edi menilai, selama ini koordinasi Kapolri dengan pimpinan KPK cukup baik.

Ia pun mengingatkan, dalam hal proses hukum, baik KPK maupun Polri harus saling menghormati dan saling mendukung dalam menangani berbagai kasus korupsi demi menjaga profesionalisme dua lembaga penegak hukum ini.

“Artinya Kapolri bisa menolaknya (surat perlindungan hukum yang diajukan Setya). Polri memang bertugas menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. Tapi tentu saja Polri hanya wajib melindungi mereka yang butuh bantuan perlindungan dan bukan yang bermasalah dengan hukum,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden juga merespons permohonan perlindungan hukum yang diajukan tersangka kasus dugaan korupsi E-KTP Setya Novanto dengan memintanya mengikuti prosedur hukum yang ada.//prd

Sumber :Tagarnews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini