Beranda Berita Utama “Yasti Tetap Sakti”, Meski Ditetapkan Sebagai Tersangka Dalam Kasus Perusakan PT Conch.

“Yasti Tetap Sakti”, Meski Ditetapkan Sebagai Tersangka Dalam Kasus Perusakan PT Conch.

198
0

BOLMONG-DCnews_ Tenggelamnya kasus perusakan PT .CONCH yang melibatkan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow dipertanyakan Aktivis Anti Korupsi Bolmong -Yakin Paputungan ketika bersua dengan awak media Rabu (8)11/2017).

Pasalnya, ketika YSM ditetapkan tersangka oleh penyidik polda sulut atas kasus pengrusakan bangunan Mess PT.CONCH, sampai hari ini bersangkutan belum di periksa sebagai tersangka?

“ Penyidik polda di minta periksa Yasti Soepredjo Mokoagow yang sudah di tetapkan sebagai tersangka atas kasus pengrusakan, ”Ujar Yakin.

Yakin Menjelaskan, jika mengikuti UU No 32 Tahun 2004, tentang pemerintahan daerah pasal 36 ,.yakni pada pokoknya , penyidik dalam melakukan pemeriksaan kepada seorang pejabat Negara, baik sebagai saksi atau tersangka, penyidik wajib mengajukan permohonan ijin tertulis pada Mendagri atas nama presiden.

Anehnya Kata Yakin, pasca dikeluarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) No : B75/DITRESKRIMUNPOLDA SULUT-TERTANGGAL 26 JULI. informasi yang kami dapat, ternyata penyidik polda sulut belum menyurati mendagri sesuai amanat Undang Undang , hingga YSM belum di periksa dalam status TSK .ada apa?

Lebih lanjut dikatakan Yakin, Dirinya berharap Penyidik polda sulut bisa bekerja sesuai perintah UU, tampa beban, agar proses penegakan hukum dinegeri ini tidak tajam kebawah dan tumpul ke atas.

“ Harapan kami Penyidik bisa bekerja tampa tekanan ataupun pertimbangan yang dapat mempegaruhi keputusan hukum. Sehingga proses penegakan hukum dapat berjalan sesuai koridor hukum yang sebenarnya,” Pintah Aktivis Anti Korupsi Yakin Paputungan.

Terpisah Kabid Humas Polda Sulut AKBP Ibrahim Tampo SIK,SH, ketika di konfirmasi terkait kapan tersangka YSM akan di periksa.Tampo menjawab, YSM Belum di periksa sebagai tersangka.

“ Saat ini Penyidik masih menunggu P21 dari JPU,, sebab pengajuan berkas tersangka yang lain sedang di ajukan dan sampai sekarang belum ada P21nya, ” Jelasnya.

Disinggung terkait kapan penyidik polda sulut akan mengajukan permohonan ijin tertulis ke mendagri atas nama presiden untuk proses pemeriksaan sesudah YSM ditetapkan tersangka ( TSK ),

Tampo menegaskan, teknis penyidikan tidak kita ekspose. Tutup Kabid Humas Polda sulut AKBP Ibrahim Tampo SIK Melalui Pesan WhatsApp pada Wartawan.

Data yang berhasil di rangkum oleh Wartawan, Penyidik polda sulut menetapkan YSM sebagai Tersangka pada tanggal 26 juli 2017 pukul : 09;00, begitupun penetapan tersangka berdasarkan atas pengembangan dan pendalaman terhadap bukti bukti pidana yang sudah melalui gelar perkara di internal penyidik.

Dimana Penyidik menilai sudah cukup bukti untuk menetapkan YSM sebagai tersangka, bahwa dirinya melanggar pasal 170 ayat (1 ) KUHP atau pasal 170 ayat (2 ) ke-1 KUHP Jopasal 52 KUHP Jo Pasal 55,56 KUHP atau pasal 406 KUHP Jo Pasal 52 KUHP Jo pasal 55,56 KUHP, Tindak Pidana Menyuruh atau member kesempatan atau daya upaya dengan menyalahgunakan kewenangan untuk melakukan tindak Pidana terang terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap barang/benda atau dengan sengaja menghancurkan barang/benda atau senagaja dan melawan hukum, menghancurkan, merusak, membuat tidak dapat di pakai lagi atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain.

Begitupun dalam peryataan kapolda sulut Irjen Pol Bambang Waskito kepada awak media pada beberapa bulan lalu, menegaskan bahwa kasus pengrusakan PT.CONCH yang melibatkan Satpol PP dan Pejabat Bupati Bolaang Mongondow adalah pidana murni. sehingga tidak dapat di hentikan.

” Pemda Bolmong dan PT.CONCH Silakan Berdamai, Proses Hukum Tetap Berjalan, “.//Lucky/prd

Sumber : TabloidKontras

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini