Beranda Berita Utama Pamflet TB-NK Bertebaran,KPU Aminkan Panwas Sebut Itu Pelanggaran

Pamflet TB-NK Bertebaran,KPU Aminkan Panwas Sebut Itu Pelanggaran

686
0

KOTAMOBAGU-DCnws_ Entah ini ulah siapa?, Sebab secara tiba-tiba puluhan bahkan ratusan stiker, pamflet dan spanduk pasangan nomor urut 1 bertebaran diberbagai pelosok yang ada di Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat. Melihat fenomena ini sejumlah warga mempertanyakan keberadaan para penyelenggara pemilihan umum yang terkesan tutup mata.

“Bukankah sudah ada aturan terkait alat peraga kampanye bagi para pasangan calon,” ujar Rini warga Kotamobagu.

Ini bentuk penghinaan terhadap para penyelenggara Pemilu yang sudah menetapkan aturan main terkait pemasangan APK tambah Firman, ketika bersua dengan cruw DC News.”Sudah termasuk pelecehan ini,” kata Firman.

Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Kotamobagu devisi penindakan,Amal bahansubu ke awak media menjelaskan bahwa dalam PKPU no 4 tahun 2017 sudah sangat jelas aturannya berkaitan denga APK dan atribut partai.

“Dalam PKPU tersebut diatur secara gamblang tempat yang bisa/pelarangan tempat pemasangan APK.Tempat ibadah,gedung milik pemerintah ataupun tempat umum yang mengganggu secara estetika itu dilarang,jelas Amal.

Kejadian ini sudah dari semalam kami ketahui lewat Panwascam,dan bahkan kami sudah sempat menghubungi KPU untuk meminta tanggapan terkait dengan pamflet yang terpasang di kelurahan mogolaing.

“Semalam kami sudah hubungi,namun belum ada jawaban dari pihak KPU,kami akan terus berupaya untuk berkomunikasi,dan apabila belum ada titik terang maka persoalan ini akan kami tindaki”,tegasnya.

Terpisah Komisi Pemilihan Umum Kotamobagu melalui Devisi Hukum,Amir Halatan mengingatkan tiem kampanye agar tidak melanggar aturan main dalam proses pilwako kota kotamobagu.

“Kami ingatkan bahwa bahan kampanye berupa stiker dilarang ditempel ditempat umum yaitu tempat ibadah termasuk halaman RS atau tempat pelayanan kesehatan juga gedung fasilitas milik  pemerintah,lembaga pendidikan yaitu gedung sekolah,jalan-jalan protokol,jalan bebqas hambatan,sarana dan prasarana publik”,ujar Amir.

Selanjutnya ,penyebaran bahan kampanye sebagaimana yang dimaksud dilakukan pada kampanye terbatas,pertemuan tatap muka dan dialog atau tempat umum.

”Sudah jelas termaktub dalam PKPU no 4 tahun 2017 beserta turunannya membahas persoalan APK dan tempat yang layak sesuai dengan ketentuan yang ada,kejadian di kelurahan mogolaing harus segera ditindak oleh Panwas agar nantinya,proses demokrasi di kota-kotamobagu benar-benar terjaga”,tutupnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini