Beranda Nasional BRANI Mediasi Ganti Rugi Lahan di Bolmong

BRANI Mediasi Ganti Rugi Lahan di Bolmong

344
0

JAKARTA– Gugatan ganti rugi kepada 1114 kepala keluarga (KK) atas tanah yang “diambil” pemerintah tanpa kopensasi, dimediasi Senator asal Sulut Benny Ramdhani (BRANI).Pertemuan yang dilaksanakan di ruangan rapat komite 1 DPD RI,Selasa (12/2018) bahkan sempat alot.

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah pihak terkait ,yakni Kementrian Desa dan Transmigrasi, Pemerintah Provinsi Sulut, dan Kabupaten Bolaang Mongondow, BRANI mempersoalkan terkait dengan hasil pertemuan pihak Pemprov,pemkab dan Kementrian Desa dan Transmigrasi pekan lalu.

BRANI meminta agar tidak ada lagi upaya luar biasa dari Pemerintah atas gugatan yang telah dimenangkan warga penggugat hingga ke tingkat Mahkamah Agung (MA).

“Sudalah tidak perlu ada upaya PK (Peninjauan Kembali) luar biasa atas putusan yang ada. Kan mereka rakyat juga,jadi tidak harus dilawan,”ujar Brani dihadapan para pihak terkait.

Brani juga bahkan memberikan analogi tentang persoalan ganti rugi yang dulu pernah dibayarkan oleh Pihak Pemerintah Pusat.

“Kalau alasan pemerintah bahwa tidak ada aturan yang memuat tentang ganti rugi tanah untuk daerah transmigrasi maka contohnya kemaren,waktu pencairan ganti rugi untuk warga Doloduo,Toraut,Wangga baru dan wangga lama,itu kan terjadi.Terus kenapa hari ini tidak dilaksanakan,kan yang menuntut rakyat kita sendiri”,pinta Brani.

Sedikit diceritakan , gugatan atau meminta hak ganti rugi atas tanah milik mereka berawal pada medio 2002 yang saat itu Bolmong masih dibawah kepemimpinan Marlina Moha Siahaan (MMS).Para penggugat sudah melakukan upaya baik secara politik maupun administrasi. Bahkan,hak ini sudah diiyakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lewat diplomasi beberapa kali di kementrian desa dan transmigrasi. Namun pada 2010 Fahmi Idris (Menteri Transmigrasi) telah mengeluarkan fatwa tidak ada lagi ganti rugi dari pemerintah kecuali melalui proses hukum.(prd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini