Beranda Bolaang Mongondow Raya Kepala Desa Toruakat Diduga Menjadi Tim Sukses

Kepala Desa Toruakat Diduga Menjadi Tim Sukses

763
0

BOLMONG—Ketua DPW Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah ( LP2KP ) Sulut,Budy Tawil mengkritik aparatur desa yang terlibat aktif dalam pemenangan kontestan politik 2019.Hal ini sebagaimana hasil temuan LP2KP tentang keterlibatan kepala desa di Desa Toruakat kecamatan dumoga induk.

Dalam temuan tersebut didapati rumah kepala desa toruakat, Subianto Zakaria terpampang poster Calon anggota DPR RI dan DPD RI daerah pemilihan Sulut.

Menurut Budy ketika bersua dengan awak media siang tadi 31/1/2019 ,Larangan dalam kampanye yang melibatkan kepala desa ada tertuang di UU pemilu No 7 tahun 2017 pasal 280 ayat 2 huruf H. Yang Bunyinya (pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu dilarang mengikutsertakan. H. Kepala Desa.

“Sedangkan pada Bab III tentang ketentuan Pidana Pemilu tertuang pada pasal 490 berbunyi (setiap Kepala Desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye, di pidana dengan pidana penjara paling lama 1(satu) tahun dan denda paling banyak (dua belas juta rupiah) Rp.12.000.000,00),” sambungnya.

Untuk LP2KP melalui Budy meminta pihak Bawaslu kabupaten bolaang mongondow untuk segera memanggil aparat desa yang telah dengan terbuka dan masif melakukan kampanye terhadap Caleg dari dapil Sulut.

“Demi tegaknya demokrasi dan keadilan,maka kami meminta kepada bawaslu bolmong agar jangan pandang bulu untuk menindak dan menjerat mereka,karena ini adalah bentuk kejahatan demokrasi”,tutup Budi.

Sementara itu,Kepala desa toruakat sampai dengan berita ini ditayangkan belum bisa dihubungi.Namun upaya untuk konfirmasi akan terus dilakukan.(Prd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini