Beranda Berita Utama Koperasi Madinow Potolo Tak Kantongi Izin

Koperasi Madinow Potolo Tak Kantongi Izin

273
0

BOLMONG— Berdasarkan hasil peninjauan lokasi Pertambangan tanpa Izin (PETI) Potolo oleh tim Pemkab Bolmong pada tanggal 19 april 2019 ,maka pemkab melayangkan surat yang di dasarkan pada Undang-undang Nomor: 4 Tahun 2019, tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara pasal 158 dan Undang-undang Nomor: 32 Tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup.

Surat pemberitahuan yang bersifat penting, dengan Nomor Surat:540/D. 23/DLH/23/VIII/2019, dikeluarkan tindak lanjut dari laporan masyarakat terhadap kegiatan pertambangan emas oleh Koperasi Madinow Potolo di Lokasi Potolo, tepatnya di perkebunan Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong.

Dalam surat pemberitahuan tersebut sudah sangat jelas bahwa kegiatan pertambangan yang dilakukan salah oknum inisial Ko’ San sifatnya ilegal karena masuk dalam wilayah konsesesi JRBM.

Bahkan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow ketika dikonfirmasi awak media melalau via whatssapp mengatakan bahwa kegiatan tersebut masih ilegal karena belum ada izin.

“Sampai hari ini koperasi tersebut belum ada izin,dan mereka belun melakukan aktivitas penambangan di lokasi tersebut karnajelas belum ada rekom bupati apalagi izin Gubernur”,jawab Yasti.

Berikut poin-poin surat pemberitahuan Pemkab Bolmong.

1. Setelah dipetakan, lokasi Potolo Desa Tanoyan Selatan, adalah bagian konsesi kontrak karya PT JRBM.
2. Kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh masyarakat di lokasi Potolo adalah bersifat illegal.
3. Segera mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan usaha dan/atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
4. Melakukan inventarisasi/pendataan kepada pelaku pertambangan illegal di lokasi Potolo Desa Tanoyan Selatan, dan melaporkan data yang dimaksud kepada Bupati Bolmong.//Prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini