Beranda Berita Utama Sisi Menarik Dari Pilkades Toraut Induk

Sisi Menarik Dari Pilkades Toraut Induk

184
0

BOLMONG – Sebanyak 105 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Induk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 pada hari ini, Kamis (14/11/2019). Ini dilakukan untuk menentukan menentukan siapa sosok pemimpin di masing-masing desa.
Salah satu desa yang melaksanakan Pilkades adalah Desa Toraut, Kecamatan dumoga barat. Warga setempat nampak antusias menggunakan hak suaranya.

Dinginnya pagi ditambah cuaca yang agak mendung dan terpaan angin yang membuat suhu lumayan menusuk tulang tak menyurutkan semangat masyarakat Desa toraut datang ke tempat pemungutan suara (TPS) di Balai Desa.

Di Desa Toraut Induk tercatat DPT sebanyak 1056 masyarakat . Namun Angka jumlah pemilih bukan satu-satunya hal menarik dari perhelatan Pilkades di sana.

Suasana Pilkades di Desa Toraut induk,
Sebab ada sejumlah fakta menarik dalam pelaksanaan Pilkades di Desa Toraut, bahkan beberapa di antaranya terkesan di luar nalar yang menarik untuk dibahas.
Berikut beberapa fakta menarik dalam pelaksanaan Pilkades di Desa Toraut Induk.

1.Serangan fajar
Serangan fajar atau biasa disebut money politik oleh masyarakat modern merupakan cara yang menyalahi aturan dalam sebuah sistem demokrasi. Biasanya aksi serangan fajar dilakukan oleh tim sukses dengan membagikan sejumlah uang mendekati waktu subuh atau waktu fajar.
Serangan fajar, masih banyak dilakukan bukan hanya dalam kontestasi Pilkades, juga di pemilihan jabatan politik yang lebih bergengsi seperti Pileg, Pilkada, hingga Pilpres.

2. Jadi ajang pertaruhan atau perjudian . Sebuah kontestasi bukan hanya soal politik ,tapi banyak yang memanfaatkannya sebagai bahan perjudian. namun, pada perhelatan Pilkades isu lokal menjadi keunikan tersendiri.

Mereka (yang bertaruh) harus memperhitungkan kekuatan politik setiap calon kepala desa, agar dapat memprediksi calon mana yang kemungkinan kemenangannya tinggi dan banyak.

Parindo Potabuga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini