Beranda Berita Utama Masaudin Mokoagow di Undang Pemkab Untuk Terlibat Dalam Penyusunan Regulasi Penurunan Stunting

Masaudin Mokoagow di Undang Pemkab Untuk Terlibat Dalam Penyusunan Regulasi Penurunan Stunting

236
0

BOLMONG—Menindak lanjuti program pemerintah melalui Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek tentang program penanganan stunting ,hari ini 10/12/2019 Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Dinkes Pemkab) melaksanakan kegiatan tersebut di Hotel Sutanraja Kotamobagu,kecamatan Kotamobagu Timur.

Dalam agenda Dinkes Pemkab ini,dihadiri oleh lima puluh dua (52) peserta termasuk sepuluh kepala desa terbaik yang ada di Bolaang Mongondow Raya.

Kesepuluh Kades ini sengaja di undang untuk kemudian bersama merumuskan agenda-agenda dinkes bolmong tentang stunting.

Agenda penyusunan regulasi penurunan stunting yang dilaksanakan selama dua hari ini menitik beratkan pada persoalan percepatan penanganan stunting termasuk penyusunan regulasi dan sinergitas dinkes dan masyarakat.

Salah satu Kades asal Desa Toraut Kecamatan Dumoga Barat,Masauddin Mokoagow di sela-sela kegiatan menyampaikan ke awak media bahwa angka stunting pada tahun 2019 turun menjadi 27,67 persen. Penurunan tersebut berdasarkan Prevalensi Data Stunting Tahun 2019 dari hasil riset studi.

“Kabar angka stunting yang turun sangat menggembirakan. Jika dibandingkan data stunting berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, yang angkanya mencapai 30,8 persen, maka penurunan tersebut cukup signifikan”,ucap Masaudin.

Tambah Masauddin yang ternyata satu-satunya Kades dari Dumoga Raya yang di undang khusus Dinkes Bolmong bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Stunting juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Anak stunting juga memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.

“Stunting dan malnutrisi diperkirakan berkontribusi pada berkurangnya 2-3% Produk Domestik Bruto (PDB) setiap tahunnya.Prevalensi stunting selama 10 tahun terakhir menunjukkan tidak adanya perubahan yang signifikan dan ini menunjukkan bahwa masalah stunting perlu ditangani segera”,jelasnya.//prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini