Beranda Kotamobagu Terkait Monopoli Rujukan Puskesmas Bilalang,Dani Mokoginta Berjanji Akan Panggil Kepala Puskesmas

Terkait Monopoli Rujukan Puskesmas Bilalang,Dani Mokoginta Berjanji Akan Panggil Kepala Puskesmas

180
0

KOTAMOBAGU — Menyoal beberapa kasus yang lagi santer di Kota Kotamobagu (KK) terkait rujukan pasien dari puskesmas ke rumah sakit (RS) yang akhir-akhir ini menjadi sorotan publik memantik perhatian dari salah satu personil anggota legislatif (Aleg) KK ,Dani Mokoginta.

Kepada sejumlah awak media siang tadi (12/5/2020) ,Dani sapaan akrabnya menyampaikan bahwa ada sebagian pasien yang mengunakan ASKES mengadukan keberatannya di Komisi III. Saat melaporkan pasien tersebut didampingi oleh personil Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemantau Pemerintah Bolaang Mongondow (LP2BM) Ali Imran Aduka.Mereka melaporkan bahwa pasien tersebut meminta rujukan puskesmas Bilalang Kecamatan Kotamobagu Utara ke salah satu RS swasta yang ada di Kotamobagu.Tapi oleh petugas medis yang ada di Puskesmas tersebut tidak akan mengeluarkan rujukan selain ke RS umum KK dengan alasan bahwa itu sudah menjadi aturan.

“Aturan itu tidak benar adanya, petugas medis di Puskesmas Bilalang jangan mengada-ngada ketika bicara aturan.Sebab persoalan rujukan mau kemana entah RS swasta ataupun RS Pemerintah itu hak dari pasien”,kata Dani.

Jelasnya pihak puskesmas tidak dibenarkan mengarahkan pasien apa lagi memaksakan dengan dali aturan yang tidak benar.

Bahkan Dia (Dani red) juga mengingatkan bahwa pihak puskesmas tidak boleh melakukan praktek-praktek monopoli dalam melayani permintaan pasien rujukan.

‘’Kami ingatkan kepada pihak puskesmas agar jangan sama sekali melakukan praktek monopoli dalam pelayanan rujukan terhadap pasien’’,pinta Dani.

Di akui Dani,kota kotamobagu sangat membutuhkan rumah sakit swasta untuk melayani pasien karena RS pemerintah tidak mungkin bisa melayani semua pasien yang ada ,apa lagi saat sekarang kota lagi giat-giatnya melawan pandemi covid 19.

‘’dalam menghadapi akreditasi ,puskesmas harus ada MOU dengan rumah sakit suwasta sebagai prasyarat akreditasi puskes’’

Diakhir penjelasannya Dani menegaskan akan segera memanggil pihak puskesmas bilalang untuk diminta klarifikasi atas kejadian tersebut.

‘’Pihak DPR D kota kotamobagu melalui komisi III akan segera memanggil pihak puskesmas bilalang untuk mempertanyakan laporan tersebut’’.Tutupnya.

Saat awak media melakukan konfirmasi lewat via telfon ke Kepala Puskesmas (Kapus) Dr Wahdania Mantang di nomor 0812444*** tidak di angkat.
Namun upaya konfirmasi akan terus dilakukan untuk perimbangan informasi.//prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini