Beranda Berita Utama Cagub -Cawagub Nomor Urut 3 Tidak Paham Penanganan Covid-19 “Selain Stimulus dan...

Cagub -Cawagub Nomor Urut 3 Tidak Paham Penanganan Covid-19 “Selain Stimulus dan Subsidi”

256
0

BOLMONG — Debat publik calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi di Ballroom Hotel Mercure,menyisahkan cerita dan tanya bagi publik.Pasalnya ada beberapa jawaban kandidat yang di anggap publik tidak berkorelasi dengan pertanyaan bahkan jauh dari substansi masalah.

Misalnya,dari segmen ke-4 dimana masing-masing kandidat diberikan kesempatan untuk bertanya yang berkaitan dengan tema Debat.

Saat pasangan nomor urut 1,Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landar (CEP-Sehan) bertanya terkait strategi recovery atas industri di Sulawesi Utara (Sulut) yang terkenak dampak covid-19 selain SUBSIDI dan STIMULUS,pasangan nomor urut 3 malah menjawab dengan bantuan langsung dari Pemerintah Pusat sebesar 1 Trilyun.

“sekarang ini lagi ada trend dampak covid-19 yang sudah sangat memberatkan dunia terlebih Sulut.Nah bagaimana strategi recovery atas industri di sulawesi utara yang terkenak dampak covid-19 selain subsidi dan stimulus”,tanya CEP.

“ Ada penetrasi langsung dan ada penetrasi tidak langsung.Yang langsung itu sudah kami lakukan,pertama kami memberikan makanan baik siap saji maupun belum.Kemudian memberikan asuransi dimana belum pernah dilakukan di daerah lain.Mulai dari asuransi kesehatan maupun asuransi nelayan serta pertanian.Kami memberikan asuransi kepada petani yang gagal panen.Dan untuk yang tidak langsung yang menjadi andalan kami yaitu kredit murah yaitu bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 1 triliun melalui Bank Sulut.Nah 1 triliun ini akan kami berikan kepada pelaku-pelaku ekonomi terutama yang terkenak dampak covid-19 apalagi yang dirumahkan atau dikurangi jam kerjanya.Dan dari total bantuan 1 Triliun,kami sudah menyalurkan kurang lebih 800 milyar dan nantinya ini akan kita rasakan di akhir semester ” ,Jawab Calon Wakil Gubernur nomor urut 3, Steven Kandouw , (11/11/2020).

Jawaban Paslon nomor urut 3 melalui Steven ini, jelas saja menuai tanya dari publik hingga kemudian ditanggapi Tokoh pemuda asal Bolaang Mongondow, Kicky Sabir.

Menurutnya apa yang disampaikan Steven Kandouw jelas saja tidak berkorelasi dengan pertanyaan yang dilontarkan paslon nomor urut 1,CEP-Sehan.Sebab yang dimaksudkan maksud pertanyaan adalah  “ selain Subsidi dan stimulus” , tapi apa yang kemudian dijelaskan Cawagub nomor urut 3, mulai dari subsidi untuk yang terkenak PHK,pengurangan jam kerja,serta bantuan 1 Triliun,itu  masuk dalam kategori Stimulus subsidi”, cibir Sabir.

“Apa yang disampaikan cawagub nomor urut 3,  masih masuk stimulus dan subsidi,jadi tak ada penetrasi mandiri dari pemerintah provinsi sehingga saya berkesimpulan bahwa pemerintahan OD-SK sangat minim konsep dalam hal penanganan pandemi c-19 ”,tegas sabir.//prd

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini