Beranda Berita Utama Lagi, Debat Publik Cagub-Cawagub Sulut Digelar.

Lagi, Debat Publik Cagub-Cawagub Sulut Digelar.

123
0

MANADO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggelar debat para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang disiarkan melalui live streming  dan sejumlah tv lokal pada Rabu Malam, (11/10/2020).

Debat ini merupakan yang kedua kali, setelah sebelumnya debat pertama pada 5 November lalu digelar KPU Provinsi Sulut di Warembungan Hills.Tiga (3) pasangan calon kepala daerah Sulut, Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan),Vonny Aneke Panambunan ,Hendry Runtuwene (VAP-HR) dan Olly Dondo Kambey- Steven Kandouw (OD-SK) beradu gagasan untuk mewujudkan Sulut yang lebih baik.

Pada debat kedua kali ini, KPU Sulut mengangkat tema ,Kesejahteraan Masyarakat, Pendidikan dan Penanggulangan Kemiskinan (Ekonomi,Industri, Pendidikan,Perdagangan dan Tekhnologi ,UMKM dan Koperasi Gender,Disbalisitas dan Anak).

Dalam debat publik ini menghadirkan moderator untuk memandu acara, yaitu Debby Ribkah Wullur,SE.Ia (Debby red) adalah Salah satu wartawan media tv TVRI Nasional serta beberapa kali menjadi moderator dalam debat kandidat di Sulut juga pernah memandu debat kandidat Calon presiden (Capres).

KPU Provinsi Sulut dalam debat publik ini, membagi 5 segmen  antara lain ,pemaparan visi dan misi setiap calon selama 4 menit,pertanyaan undian dari KPU untuk pendalaman materi,kemudian tanya jawab antara sesama calon sampai segmen ke-4,dan yang ke-5 adalah pernyataan penutuk dari masing-masing Calon. Ketiganyapun menawarkan sejumlah upaya dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Calon Gubernur nomor urut satu, CEP-Sehan mengatakan, untuk membangun Sulut akan dimulai dari pinggiran yaitu dari Desa dengan cara mesejahterakan masyarakat lewat infrastruktur dan suprastruktur.

Calon gubernur Sulut nomor urut 2 (Vap-HR) menawarkan Sulut lebih maju dan sejahtera,VAP juga mengatakan pihaknya menginginkan sulut diberkati untuk memberkati dan selalu memandang manusia setara dimata hukum dan publik.

Sementara pasangan Petahana, gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga (OD-SK),menjelaskan capaian  mereka ,selama menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2015-2020 sebagaimana data yang mereka ambil dari Badan Pusat Statistik (BPS),mulai dari aspek ekonomi,pendidikan denga mengembangkan Sekolah-sekolah jurusan pertanian.

Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut ini, CEP-Sehan (kiri),VAP-HR (kedua kiri) dan OD-SK  (ketiga kanan) ini menyanyikan lagu indonesia raya untuk mengawali debat publik/kandidat yang diselenggarakan di Ball room Mercure Hotel,Manado.//prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini