Beranda Berita Utama Niat Memberhentikan Aktifitas PT BSB,Warga Desa Tobayagan Babak Belur

Niat Memberhentikan Aktifitas PT BSB,Warga Desa Tobayagan Babak Belur

154
0

BOLSEL — Ratusan masyarakat Desa Tobayagan, Kecamatan Pinolosian Tengah, gelar aksi penolakan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Hulu Tobayagan.

Aksi yang digelar Selasa (2/11) sempat memanas pasca terjadi adu mulut antara masyarakat dengan petugas keamanan.

Imbasnya, salah satu warga yang terlibat dalam aksi itu menjadi bulan-bulanan salah satu personil keamanan yang berjaga di pintu masuk kawasan PETI.

Informasi yang dirangkum, petugas pelaku pemukulan merupakan salah satu dari personil “tujuh jenderal”.

Istilah “tujuh jenderal” sendiri julukan masyarakat lingkar tambang terhadap preman bayaran yang sengaja ditugaskan oleh PT. BSB untuk berjaga di pintu masuk.

Menurut Amelia Mokoagow, warga Tobayagan yang turut terlibat dalam aksi tersebut, tujuh jenderal yang dimaksud Kisno, Ulo, Tomi, Un, Ramdan, Ambek dan Roni

“Mereka preman-preman bayaran asal Tobayagan,” ujarnya saat diwawancarai di Kantor DPRD Bolsel.

Setelah dari lokasi PETI, massa aksi menuju Kantor DPRD Bolsel untuk menyampaikan aspirasi mereka dan diterima Anggota DPRD, Petrus Keni.

“Saya sebagai wakil rakyat dari Pinolosian, akan mengawal hingga aktivitas PETI yang ada di Desa Tobayagan supaya dihentikan,” tandas Petrus.

Setelah itu, massa melaporkan insiden pemukulan kepada Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pinolosian, AKP Rusman Saleh.

“Laporan sudah kami terima dan akan ditindaklanjuti. Kita akan cari koordinator aksi, dan pihak-pihak yang melakukan provokasi, jika ada. Termasuk yang melakukan pemukulan akan kita panggil untuk dimintai keterangan,” ujar Rusman.

Meskipun begitu kata dia, aksi yang digelar oleh masyarakat Tobayagan itu tidak dilaporkan kepada pihaknya, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Saat ini masa pandemi, tidak boleh ada konsentrasi massa. Kalaupun mau melakukan aksi harusnya memberi tahu kami (Polisi). Kan bisa diwakili beberapa orang saja menyampaikan aspirasi ke DPRD,” tandasnya.//prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini