Beranda Berita Utama Syahmin Mokoagow,Dari Petarung Keluarga Menuju Pertarungan Pilsang Desa Toraut Utara

Syahmin Mokoagow,Dari Petarung Keluarga Menuju Pertarungan Pilsang Desa Toraut Utara

134
0
Bolmong - Jika kita menyebut nama Syahmin Mokoagow,niscaya kita akan tau eksistensinya di Dumoga Raya khususnya Dumoga Barat.Pasalnya,sosok pemuda ini terbilang tuntas dalam pergaulannya.Baik dengan kelompok inteleqtual maupun tokoh-tokoh masyarakat.

Olehnya,jika kemudian dia maju dalam Pemilihan Sangadi (Pilsang) maka publik tidak akan pernah ragu lagi dengan niatnya tersebut.

Saat di wawancarai awak media di kediamannya,Syahmin sapaan akrab lelaki berkarakter keras namun berhati lembut ini,dengan ditemani  kopi dan sebungkus rokok mulai menceritakan maksud dan tujuannya maju dalam kontetasi Pilsang di desa toraut utara.

Ini isi wawancara antara awak media DCnews dengan Syahmin Mokoagow,Minggu (5/12/2021).

DCnews : Izin pak syahmin,bersediakah untuk saya wawancarai berkaitan dengan pemilihan sangadi Desa Toraut utara ?

Syahmin : Bismillah tat,selagi masih normatif pertanyaannya maka saya akan bersedia menjawab.

DCnews : Ok sukur mo anto.

DCnews : Kemarin,anda telah mendaftarkan diri sebagai salah satu kontestan pilsang di Desa Toraut Utara.Apa kira-kira motifasinya sehingga sangat semangat untuk maju ?

Syahmin : Menyeruput kopi kemudian mulai menjawab.Jadi begini,awalnya saya tidak pernah berfikir untuk maju sebagai bakal calon sangadi Desa Toraut utara.Sebab,dengan posisi saya sekarang ini,saya sudah begitu nyaman.Namun,dorongan tokoh-tokoh masyarakat baik pemuda dan kaum tengah yang membuat saya harus maju.

DCnews : Dorongan seperti apa yang anda maksud ?

Syahmin : Sebelum menjawab,dia meminta awak media untuk menikmati kopi yang sudah lama di tersaji di atas meja.Dorongan yang saya maksud adalah keinginan masyarakat akan pemimpin yang mempunyai modal keberanian dan kemampuan dalam mengelola sistem pemerintahan.Mungkin,mereka melihat dari kemampuan saya bangkit dari keterpurukan dan mulai mengelola hidup sehingga bisa meraih kesuksesan.itu semangatnya.

DCnews : Apa modal awal anda dalam menatap pertarungan pilsang ,yang dari amatan kami,semua kontestan berpeluang menang dan bahkan mempunyai semangat yang sama yaitu untuk menata dan membangun desa yang lebih baik.?

Syahmin : Modal awal saya adalah ,restu keluarga dan istri.Karena tanpa restu dari mereka maka sia-sia perjuangan saya kedepan.

DCnews : Jika anda terpilih nanti,maka apa langkah awal yang akan anda lakukan untuk Desa Toraut ?

Syahmin : Demi mendukung kinerja di Desa Toraut utara, saya akan merekrut perangkat desa milenial namun loyal dan siap mengabdikan diri untuk masyarakat.Kenapa saya prioritaskan kaum milenial,sebab untuk membangun suatu daerah harus dimulai dari desa,dan semangatnya harus kuat.Jika kita ingin semangat yang kuat maka fisiknya juga musti kuat dan yang pasti memiliki semangat dan fisik kuat adalah kelompok anak muda.

DCnews : Anda dikenal sebagai pengusaha yang terbiliang sukses di Kecamatan Dumoga Barat.Pastinya,saat menjabat sebagai Sangadi maka konsentrasi anda dalam usaha akan terpecah karena diperhadapkan juga dengan kerja-kerja kerakyatan di Desa ?

Syahmin : Pekerjaan sebagai Pimpinan di Desa kan bukan pekerjaan Rodi dan individual.Tapi pekerjaannya harus kolektif,yaitu bersama dengan aparat desa yang sudah saya seleksi.Jadi,usaha tetap berjalan sebagaimana biasanya,pun pekerjaan sebagai sangadi akan tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya.

DCNews : Terakhir pertanyaan pak syahmin. Menjadi Sangadi di desa sangat rentan dengan cobaan,apalagi hari ini sangadi sudah mengelolah anggaran milyaran rupiah /Tahun.Pastinya,ada potensi-potensi korupsi yang akan terjadi .Bagaimana cara anda untuk bisa keluar dari cobaan tersebut ?

Syahmin : Sembari memasang rokok,mulai menjawab.Saya ini sudah terbiasa susah dan sudah mengalami yang namanya banyak uang,jadi saya tidak akan kaget saat melihat uang yang notabenenya adalah milik rakyat.Niat baik saya membangun desa toraut utara,bukan untuk memperkaya diri dengan hasil yang haram apalagi untuk makan istri dan anak.

DCnews : Trimakasih pak syahmin atas waktu dan kesempatannya,semoga apa yang menjadi cita-cita akan tercapai.

Syahmin : Sama-sama,Syukur mo anto utat.

Penulis : Parindo Potabuga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini