Beranda Bolmong Panita Pilsang,BPD dan Seluruh Calon Sangadi Desa Wangga Baru Sepakat Tolak Praktek...

Panita Pilsang,BPD dan Seluruh Calon Sangadi Desa Wangga Baru Sepakat Tolak Praktek Money Politik

88
0

BOLMONG — Menindak lanjuti hasil deklarasi damai oleh seluruh calon sangadi se-Kecamatan dumoga barat,Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan ,maka panitia Pemilihan Sangadi (Pilsang) Desa Wangga Baru kembali melakukan kesepakatan bersama dengan 5 Calon Sangadi yang ada di Desa Wangga Baru.

Kesepakatan bersama antara 5 Calon sangadi bersama panitia Pilsang dan Lembaga Dewan Perwakilan Desa (BPD) adalah menolak hasil pemilihan sangadi dengan dirumuskan bersama tanpa menyudutkan calon demi menjaga pesta demokrasi yang bersih dan demokratis.

Adapun kesepakatan yang tertuang dalam fakta integritas yakni sepakat untuk mensukseskan Pilsang Wangga Baru dengan menjunjung norma yang ada dengan mengedepankan motto Mototompian, Mototabian bo Mototanoban serta menolak hasil pemilihan Kepala Desa terpilih jika kedapatan melakukan praktek money politik serta bersepakat bahwa penetapan kepala desa terpilih adalah wewenang panitia yang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Saddam Mashanafi, S.pd ,selaku ketua panitia saat dikonfirmasi oleh awak media membenarkan bahwa hal itu merupakan hasil kesepakatan bersama tanpa ada paksaan dan intervensi.

“Hal itu merupakan hasil kesepakatan bersama BPD, Panitia dan seluruh calon kepala desa Wangga Baru untuk menjunjung tinggi kearifan lokal masyarakat Wangga Baru,”ucap Saddam,Rabu (26/1/2022).

Lanjut Saddam mengungkapkan bahwa adapun tembusan dari hasil kesepakatan bersama yakni ke dinas DPMD dan pihak kecamatan Dumoga Barat.

“Dari hasil kesepakatan bersama yang tertuang dalam pakta integritas serta ditandatangani bersama, kami panitia memberikan tembusan Ke Dinas DPMD dan pihak Kecamatan Dumoga Barat,”Tambahnya.

Secara terpisah Camat Dumoga Barat, Malpin Dako, S.A.P, M.A.P , saat dikonfirmasi awak media sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Panitia Pilsang,BPD dan seluruh calon sangadi yang ada di Desa Wangga Baru.

“Kesepakatan itu wajib untuk di suport dan diberikan apresiasi,sebab ini adalah bentuk kearifan lokal yang sangat baik dan positif dalam rangka mensukseskan Pemilihan Sangadi yang bersih dan bermartabat”,Jawab Malpin.//prr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini