Beranda Bolmong LSM LP2KP Minta Tersangka PETI Potolo Segera Disidangkan

LSM LP2KP Minta Tersangka PETI Potolo Segera Disidangkan

83
0

BOLMONG — Lambatnya penanganan kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) oleh pihak Kejaksaan kota kotamobagu dipertanyakan Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Pemantau Pembagunan dan Kinerja Pemerintah (DPW LSM LP2KP),Rolan Thalib.

Menurutnya,para Tersangka yang sudah dilimpahkan pihak Polres Kotamobagu pada tanggal (24 juli 2020) ke Kejari Kotamobagu harusnya sudah bisa disidangkan mengingat persoalan PETI Bolmong sudah menjadi momok menakutkan bagi anak cucu masyarkat yang ber ada di Lingkar tambang.

“Proses hukumnya seharusnya sudah mulai jalan,agar kejelasan status tersangka beserta dengan hukuman para perusak hutan di Lokasi Potolo segera diketahui oleh Publik”Harap Thalib.

Apalagi tambah Olan,para tersangka seperti Gus alias Gusri sering terlihat keluar kota dengan alasan yang tidak jelas dan mungkin saja tanpa sepengetahuan penyidik kejaksaan.

Padahal sudah sangat jelas termaktub dalam Pasal 22 Ayat (1) huruf c KUHP bahwa penahanan Kota dilaksanakan di kota tempat tinggal kediaman tersangka atau terdakwa, dengan kewajiban bagi tersangka atau terdakwa melapor diri pada waktu yang di tentukan, tersangka atau terdakwa hanya boleh keluar rumah atau kota dengan seizin dari Penyidik, Penuntut Umum atau Hakim yang memberi perintah Penahanan”,jelasnya.

Diketahui para tersangka diduga kuat melanggar d UU minerba dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda 10 Miliar.

Seperti dirilis Humas Polres Kotamobagu, Gus alias Gusri warga Desa Tungoi Kecamata Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow adalah salah satu tersangka yang diamankan bersama barang bukti  yang digunakan di lokasi PETI Potolo beberapa waktu lalu.

Tersangka Gus yang dijerat pasal 158 UU No. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara ini diterima oleh Jaksa Jasmin Samahati untuk dilakukan penuntutan hukum..//prd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini