Beranda Berita Utama Plagiat !! Rinto Apresiasi Bronis Pisang Versi Warga Botuliodu

Plagiat !! Rinto Apresiasi Bronis Pisang Versi Warga Botuliodu

307
0

BOLSEL-DCnews_Rinto Paputungan,salah satu Mahasiswa Pasca Sarjana,Institut Pertanian Bogor (IPB) , kampus ternama di Indonesia yang terletak di Kota Bogor Propinsi Jawa Barat, memberikan apresiasi terhadap Warga Desa Botuliodu kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Apresiasi paputungan dikarenakan warga desa botuliodu mampu menciptakan sesuatu yang spektakuler sesuai dengan Sumber daya Alam yang dimiliki mereka.

Namun Paputungan menjelaskan bahwa novasi kue bronis dari pisang yang baru saja dirilis oleh warga Botuliodu hanya menggunakan tepung biasa yang ada di pasaran,bukan menggunakan tepung pisang goroho.

Berbeda dengan konsep yang pernah kami tawarkan ke Pemkab Bolsel saat itu,dimana pisang goroho pasca panen yang hanya mampu bertahan selama 4 sampai 5 hari dapat kami ciptakan menjadi tepung. Konsep itu sebenarnya solusi bagi petani pisang goroho agar nantinya hasil panen mereka tidak ada yang sia-sia.

“Desa Botuliode memeliki dua sektor unggulan, yaitu Perikanan dan Pertanian. Nah salah satu hasil pertaniannya adalah Pisang. Dua sektor unggulan ini bahkan pada tahun 2016  sudah pernah saya abadikan dalam cetakan kous yang berlogo Produk unggulan desa tersebut. Dan bahkan Kous tersebut masih sempat saya lihat dipakai oleh salah satu petani yang ada di desa botuliodu” ucap Paputungan..

“Saya sangat memberikan apresiasi buat teman-teman petani yang ada di desa botuliodu, karena berkat mereka tersikaplah bahwa Pembkab Bolsel punya keinginan untuk memberdayakan hasil petani. Namun untuk konsep pembuatan kue bronis ataupun dodol pisang yang sempat di rilis di media online, jelas masih sangat berbeda dengan inovasi kami, karena mereka masih menggunakan tepung biasa”,ungkapnya.

Kemudian menurut Paputungan, jika ada statemen yang mengatakan bahwa untuk bisa menjadikan pisang menjadi kue tidak perlu pendidikan tinggi, itu adalah statemen yang sangat keliru dan terkesan Asbun. Pasalnya, konsep kue bronis pisang goroho itu murni dari 100% tepung goroho yang dikelola secara ilmiah karena sudah melalui uji laboratorium, bukan asal jadi.

“bedakan kue atau dodol pisang, karena itu bisa dibuat juga oleh khalayak ramai. Beda dengan Kue bronis pisang Goroho, itu bahan dasarnya adalah tepung hasil pisang goroho”tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini